cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 3 Documents clear
KONDISI PARTAI POLITIK DI INDONESIA PASCA REFORMASI TAHUN 1999-2004 SEBAGAI MATERI AJAR SEJARAH INDONESIA Kabib Sholeh
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i3.515

Abstract

AbstrakKondisi politik Indonesia pada masa pra reformasi belum mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan pada masa pasca reformasi yang telah berkembang pesat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah perkembangan partai politik pada masa pasca reformasi, untuk mengetahui kondisi partai politik pasca reformasi dan mengetahui faktor-faktor pengahambat perkembangan partai politik Indonesia pasca reformasi dan mengetahui kondisi politik Indonesia pasa reformasi sebagai Materi Ajar Sejarah Indonesia kelas XII pada Sekolah Menengah Atas Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan heuristik.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dan intrepretasi. Perkembangan partai politik pasca reformasi mengalami pembaikan, ini terbukti dari jumlah partai politik yang mengikuti pemilu pada tahun 1999 yang meningkat pesat, serta kemajuan dalam bidang politik yang telah dikeluarkan kebijakan-kebijakan yang mengarahakan jiwa demokrasi terutama dalam kebebasan berpendapat dan berpolitik, walaupun masih juga ada kebijakan yang kurang prorakyat. Masa pemerintahan Abdurrahman Wahid dalam bidang politik banyak memunculkan kontroversi baik dalam kaitan dengan kebijakan politik dalam negeri maupun luar negeri sehingga menimbulkan serangkaian konflik internal dan eksternal dalam pemerintahan. Sedangkan pada masa era Megawati secara politik telah mengalami sedikit perbaikan terutama dalam sistem pemerintahan yang semakin demokrasi dan akan berdampak kepada partai-partai politik yang berkembang masa itu. Kata kunci: Politik Indonesia, Pasca-Reformasi, Materi Ajar.
KAIN SONGKET SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA Muhamad Idris
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i3.516

Abstract

AbstrakPermasalahan penelitian adalah nilai sejarah apakah dari kain songket Palembang yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sejarah kebudayaan di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai sejarah apakah dari kain songket Palembang yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sejarah kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data adalah informan, dokumen, dan tempat yang berkaitan dengan songket Palembang sebagai obyek penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam pada kolektor kain songket Palembang, kajian dokumen dan observasi langsung. Validitas data menggunakan metode triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian songket Palembang memiliki kekayaan nilai sejarah yang tinggi yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sejarah kebudayaan. Songket Palembang telah mengakar sejak lama dalam budaya Palembang. Data lapisan kebudayaan masa Sriwijaya, kesultanan Palembang jelas merekam jejak sejarah tersebut.   Kata Kunci: Songket, pembelajaran sejarah kebudayaan Indonesia.
KONSTRUKSI SKALA MINAT KEPENDIDIKAN SEJARAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN DAN NILAI KESEJARAHAN Eva Dina Chairunisa
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i3.523

Abstract

AbstrakGuru sejarah harus memiliki kemampuan merekonstruksi kejadian masa lalu dan memiliki imajinasi yang tinggi serta berbagai jenis pengetahuan yang positif.   Penguasaan materi oleh guru sangat dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran sejarah dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini berkaitan dengan minat para calon guru pendidikan sejarah dalam mempelajari konten-konten pelajaran. Dengan melakukan pengukuran minat belajar kependidikan sejarah akan membantu mahasiswa calon guru sejarah untuk memahami dan memaknai peristiwa-peristiwa sejarah. Untuk itu perlu dikonstruksi sebuah skala untuk mengukur  minat kependidikan sejarah. Setelah skala minat kependidikan sejarah direkonstruki, kemudian dilakukan pengujian empirik, dan analisis skala berupa pengujian daya beda item, estimasi reliabilitas dan validitas konstruk melalui analisis factor, dari item pool sebanyak 53 buah item. Sehingga diperoleh norma kategorisasi skala minat kependidikan sejarah. Kata Kunci: Skala Minat Kependidikan Sejarah, dan Nilai Kesejarahan

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue